SMP 1 Bambanglipuro peringati hari guru

Pada tanggal 25 November SMP 1 Bambanglipuro mengadakan kegiatan yang sangat istimewa, yakni peringatan hari guru, dimana kita semua tahu, betapa besarnya jasa guru, kita bisa membaca, menulis, berhitung, berkreasi dan mengetahuan berbagai bidang ilmu adalah atas jasa para guru.

Dikutip dari sebuah situs bernama covesia mengatakan

Hari Guru Nasional diperingati setiap tahun di tanggal 25 November, merupakan penghormatan bagi jasa-jasa guru dalam mendidik anak muridnya.

Mungkin sebagian orang ada yang bertanya, padahal kan sudah ada Hari Pendidikan yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, dan kenapa ada Hari Guru Nasional?

Dikutip covesia dari laman Wikipedia, hari Guru adalah hari untuk menunjukan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

Pada 25 November 1945, persatuan guru di Indonesia menamai diri mereka dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dan pada saat itu belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk menjadikannya sebagai salah satu hari besar nasional.

Kemudian pada tahun 1994, barulah Hari Guru Nasional resmi diperingati setiap 25 November. Hal tersebut juga tercantum di situs resmi PGRI. Dicetuskannya Hari Guru tentunya untuk mengenang jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Hari Guru Nasional mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan merupakan bentuk kecintaan dan peran seorang guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dalam membangun generasi.

Tanpa guru kita bukanlah siapa-siapa, setiap kita mungkin bukanlah seorang guru, namun ingatlah kita pernah menjadi murid mereka. Selamat Hari Guru Nasional.

Sumber :  covesia.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *